Jayapura (ANTARA Sulsel) – Buku berjudul “Jalan Terjal Anak Koteka Meretas Impian” yang mengisahkan perjalanan politik Lukas Enembe ditulis Lamadi Lamato, secara resmi diluncurkan di Jayapura, Sabtu (5/9)di Jayapura.

Buku setebal 183 halaman itu antara lain berisi profil Lukas Enembe- kini menjabat Bupati Puncak Jaya yang oleh penulis dianggap sebagai contoh sosok seorang warga masyarakat asli daerah pegunungan Papua.

Lukas yang adalah orang asli pegunungan Papua mewakili sosok manusia yang pada kesehariannya menggunakan Koteka sebagai pakaian asli, yang dengan penuh ketekunan berjuang meraih impian.

Penulis buku, Lamadi Lamato mengatakan, dirinya megambil Lukas Enembe sebagai objek tulisan karena melihat kemampuannya yang bisa bersaing dan berhasil mendapatkan jabatan strategis dalam pemerintahan.

Bagi seorang “anak gunung” meraih jabatan puncak di lingkungan pemerintahan merupakan sebuah kebanggaan.

“Selama ini kita tahu bahwa masyarakat yang berasal dari daerah pegunungan Papua selalu mendapat stigma sebagai terbelakang dan pembuat kekacauan,” kata Lamadi.

Ditambahkannya, pesan moral yang dapat diambil dari buku ini, khususnya bagi masyarakat Papua yang berasal dari pegunungan agar terus berjuang menjadi manusia yang terbaik untuk tanah Papua.

“Ini bukti bahwa anak gunung juga bisa bersaing secara sehat. Lukas Enembe dapat menjadi contoh bagi kaumnya yang lain,” ujarnya.

Sementara  Lukas Enembe, yang juga Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Papua, yang dimintai komentarnya mengatakan, sangat bersyukur dan bangga kehidupannya ternyata dapat menjadi inspirasi bagi Lamadi Lamato untuk membuat buku.

“Tentu saja saya sangat senang dan berharap buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya,” kata Lukas. (T.PSO-126/P007)